Haute Heart [Book Review]

haute3stars

Sukses sebagai sous chef di restoran Prancis ternama ternyata tidak menjadi jaminan sukses dalam hubungan asmara. Bosan diabaikan dan tidak mau lagi mendapat janjijanji palsu, Diandra memutuskan hubungan dengan Edgar. Walau Edgar berusaha memohon, Diandra berkeras tidak mau kembali padanya. Apalagi di saat seperti itu muncul pria tampan yang menjadi chef kepala di restoran tempat Diandra bekerja, Aloys.
Aloys yang ramah dan tampan berbeda 180 derajat dengan Edgar yang pendiam dan eksentrik. Kehadiran Aloys membuat Diandra yang tenang sehingga menjadi penuh warna dan… drama.
Jika Diandra memilih Aloys, ia akan mempertaruhkan kariernya. Jika ia memilih Edgar, ia harus memikirkan segala perbedaan di antara mereka berdua. Diandra berusaha berkonsentrasi pada karier, namun ternyata drama percintaannya memengaruhi kariernya, dan memaksa Diandra membuat keputusan.



Haute Heart berkisah tentang perjalanan karir Diandra sebagai seorang chef. Diandra bekerja sebagai sous chef di sebuah restoran Prancis yang bernama Parisian Chic. Bosnya, sang chief de cuisine, Mr Damian memutuskan untuk kembali ke negara asalnya setelah kematian istrinya. Diandra sangat mengharapkan untuk menggantikan posisinya. Namun yang tak disangka, Mr Aloys datang untuk menggantikan posisi Mr Damian. Diandra pun harus menahan rasa kecewanya dan berusaha untuk bekerja lebih baik lagi. Mr Aloys sangat tertarik dan suka tebar pesona pada Diandra. Sayangnya ketertarikan tsb tak berujung baik pada karir Diandra. Setelah beberapa insiden yang cukup mencoreng nama Parisian Chic, Diandra akhirnya dipecat dari Parisian Chic.

Di awal cerita, diceritakan bahwa Diandra minta putus dari pacarnya Edgar, karena Edgar sering ingkar janji & tak peduli pada Diandra. Ia lebih memprioritaskan pekerjaannya daripada memenuhi janji2nya dengan Diandra.

“There’s always a rainbow after the rain.” Ungkapan ini sangat cocok untuk menggambarkan keadaan Diandra. Kesempatan untuk menjadi chief de cuisine datang dari orang yang tak disangka. Teman yang ia kenal dari komunitas Cinta Memasak menawarinya kerja sama untuk membuka sebuah restoran Prancis, tentunya sebagaichief de cuisine. Diandra pun memutuskan untuk pindah ke Surabaya dimana restoran itu akan dibuka & membuka lembaran baru hidupnya.

SPOILER ALERT
[Menurut saya, kehadiran Edgar kembali dalam hidup Diandra hanya merupakan pelengkap cerita. Padahal Diandra sudah menganggap Edgar bagian dari masa lalunya. Namun ketika tiba2 Edgar datang dan melamarnya, ia langsung luluh. Saya tdk melihat Diandra galau dan susah move on apalagi dengan kemunculan Mr Aloys sebagai pengganti Edgar. Saya malah berharap Diandra bisa sama Mr Aloys. But well, dilihat dari backgroundnya sebagai seorang yang masih dalam proses perceraian, rasanya memang unlikely buat Diandra untuk bersamanya. Kesannya kemunculan Edgar cuma pemanis cerita karena sepertinya kurang pas jika sebuah cerita cinta tidak diakhiri dengan sebuah happy-end.]

Saya suka perumpamaan yang berhubungan dengan makanan atau dunia memasak yang sering digunakan oleh Diandra seperti ini

‘Untung hatinya tidak terbuat dari keju mozarella, kalau tidak, ia bisa meleleh karena tatapan Mr Aloys.’
atau ini
“Kusumpahi dia dikutuk jadi keset toilet! Atau jadi loyang, biar dipanggang setiap hari sampai gosong dan berkerak!”

Sayangnya banyak typo masih bertebaran dan juga sepertinya penulis beberapa kali lupa menambah imbuhan “-an” di sebuah kata.

Hal 176
“Begini nih, kalau di dapur kebanyak drama!”sindir Setyo tajam.

Hal 177
“Hanya kesalah kecil, Chef,”jawab Diandra formal.

Overall buku ini sebenarnya tidak jelek, namun juga tidak terlalu bagus. Biasa saja lah. 3* buat usaha Diandra yang berhasil bangkit dari keterpurukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s