Love, Lemon and The Last Kiss [Book Review]

lemon3stars

Meski Delia tergila-gila lemon yang kecut, tapi urusan kisah cinta, ia penggemar kisah cinta supermanis. Buat Delia, cerita tentang kesetiaan dan ketulusan Ardan merawat dan mendampingi istrinya masuk ke kategori kisah supermanis.

Namun, ketika kekaguman terhadap kisah Ardan yang manis itu perlahan berubah menjadi cinta, Delia terjebak dalam dilema.

Delia menekan perasaannya dalam-dalam terhadap Ardan dan memutuskan menerima cinta Reza yang gigih memperjuangkannya. Delia belajar satu hal: kisah cinta sejati tak selalu berjalan mulus dan manis. Seperti lemon yang kecut tapi menyehatkan, ujian kesetiaan membuat nilai cinta menjadi lebih berharga.

Buku ini bercerita tentang seorang perempuan yang mencintai suami orang lain. Delia bekerja di Hotel The Lemon sebagai staf Public Relation (PR), namun ia sering kelimpahan tugas dari bosnya karena salah satu staf Marketing yang bernama Ardan jarang datang ke kantor. Delia sangat jengkel dan kesal dengan sikap Ardan yang terkesan dingin & seenaknya. Ardan sendiri merupakan anak mantan pemilik Hotel Arimbi yang setelah diakuisisi berubah nama menjadi The Lemon. Kisah cinta Ardan & Socha layaknya sebuah fairy tale, Ardan yang sangat mencintai Socha yang sedang koma, setia menungguinya setiap hari di rumah sakit. Delia pun merasa kagum dengan kesetiaan Ardan & perlahan rasa yang tak seharusnya muncul mulai dirasakan oleh Delia. Setiap kali Delia & Ardan bertemu, mereka selalu berdebat & ribut. Delia selalu berusaha menyangkal perasaan yang perlahan tapi pasti tumbuh di hatinya. Kehadiran Reza, teman lama Delia yang tertarik padanya membuat Delia semakin bingung. Reza kelihatannya benar-benar serius dengannya. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk berhubungan hingga berlanjut ke pertunangan. Sampai suatu kejadian diantara Delia dan Ardan akhirnya membuat Delia memutuskan untuk mempercepat pernikahannya dengan Reza. Mereka pun akhirnya menikah dan hidup bahagia. Namun naasnya, kecelakaan menimpa Reza yang menyebabkannya lumpuh. Disinilah kesetiaan cinta Delia terhadap suaminya diuji. Akankah ia sekuat Ardan yang tetap bersama Socha hingga akhir hayatnya?

Jujur sampai bagian akhir saya masih dibuat bertanya-tanya, ini Delia akhirnya sama Reza atau Ardan. Penulis bisa dengan lihainya mengecoh saya dengan kecelakaan Reza. Padahal saya sih berharapnya Delia akhirnya bersama dengan Ardan, namun apa daya penulis berkehendak lain.

Karakter Delia disini sebenarnya seperti orang yang tidak punya hati. Pertama dia mencintai pria yang sudah beristri dan kemudian, ia memutuskan untuk menikah dengan Reza padahal ia tidak yakin dengan rasa yang ia miliki untuk Reza. Rasanya tidak adil untuk Reza jika Delia menikahinya karena ingin menghindari Ardan. Saya cukup salut sama Reza yang tidak pernah mempertanyakan perasaan Delia terhadapnya, ia tetap selalu mencintai Delia. Bahkan sampai akhir pun ia masih rela memberikan kesempatan pada Delia untuk bersatu dengan Ardan. Coba mau nyari dimana cowo kayak gitu zaman sekarang?

“Terima kasih sudah membawaku kemari. Sebentar lagi memang hari jadi pernikahan kita. Awalnya aku ragu, mungkin tempat ini akan membuatmu mengingat masa lalumu. Tetapi aku pasrah. Jika pun kamu pergi meninggalkanku untuk menjemput cinta masa lalumu, aku sangat ikhlas. Sungguh. Kalau toh aku patah hati, aku bangga, perempuan seindah dirimulah yang menyakitiku. Jika pun kamu tetap bersamaku, sungguh, tidak akan aku sia-siakan kehadiranmu. Aku harus sembuh paling lama tiga tahun mendatang. Tidak akan aku pedulikan apa kata dokter yang bilang aku tidak akan pernah sembuh. Jika aku tidak sembuh, cintamu membuatku tetap hidup.”

Overall, 3 bintang buat Reza yang sangat mencintai Delia dan Delia yang lulus dari ujian kesetiaan.

Leave a Reply

